Dunia jurnalistik di Indonesia telah berusia lebih dari satu abad, namun prestasi di bidang ini belum menunjukkan perkembangan yang berarti. Guna mendorong peningkatan kualitas jurnalisme Indonesia dalam pemberitaan kebijakan publik.

Mulai 2008 akan ada Penghargaan Jurnalistik Mochtar Lubis (Mochtar Lubis Award).  Menurut Direktur Program Mochtar Lubis Award Ignatius Haryanto, penghargaan diberikan untuk lima kategori, yakni liputan nasional atau lokal tentang isu pelayanan publik, tulisan feature terbaik, liputan investigatif terbaik, foto jurnalistik terbaik, dan laporan mendalam dari jurnalis televisi.

Mochtar Lubis Journalism Award merupakan penghargaan untuk pencapaian tertinggi jurnalisme di Indonesia.  Mochtar Lubis Journalism Award bertujuan untuk menunjukkan kepada publik karya-karya jurnalistik terbaik Indonesia dari tahun ke tahun. Penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas dan prestasi jurnalisme yang merupakan bagian tak terpisahkan dari proses demokratisasi di Indonesia.

Pelaksanaan penghargaan ini dilakukan lewat dua kegiatan:

  1. pemberian penghargaan (award) berupa uang tunai kepada karya jurnalistik bermutu tinggi, dan
  2. pemberian fellowship selama 4 (empat) bulan untuk pengerjaan karya jurnalistik investigatif yang akan diterbitkan sebagai buku.

Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di situs http://lspp.org/mochtarlubisaward/.

About marwanazis

selamat datang diblog pribadiku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s