Buat yg berkendaraan ..

  Ini adalah tips dalam mengisi bensin:

  1. *ISI BENSIN **_HANYA_** DI PAGI HARI*, saat suhu permukaan tanah  masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan
  di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat,
  sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan _memuai _(!)

  Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
  panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran
  akan menjadi lebih besar dari _VOLUME sebenernya._

  Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
  Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
  mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.

  2. *SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE
  *ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service.
  Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang ngisinya supaya setting
  ke slow mode (bisa nggak ya?).

  The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita
  memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi
  terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.

  Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan
  kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian
  dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan
  akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke
  mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.

  Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu.
  Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.

  3. *ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)* Karena
  semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara
  yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang
  kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di
  dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara
  bensin dan udara di dalam tangki.

  Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?

  mungkin gini:
  kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka
  nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
  mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

  4. *SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI) jangan mengisi
  bensin*.
  Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang
  teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
  bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.ANYA_** DI PAGI HARI*, saat suhu permukaan tanah
  masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan
  di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat,
  sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan _memuai _(!)

  Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
  panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran
  akan menjadi lebih besar dari _VOLUME sebenernya._

  Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
  Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
  mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.

  2. *SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE
  *ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service.
  Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang ngisinya supaya setting
  ke slow mode (bisa nggak ya?).

  The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita
  memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi
  terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.

  Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan
  kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian
  dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan
  akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke
  mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.

  Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu.
  Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.

  3. *ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)* Karena
  semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara
  yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang
  kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di
  dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara
  bensin dan udara di dalam tangki.

  Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?

  mungkin gini:
  kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka
  nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
  mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

  4. *SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI) jangan mengisi
  bensin*.
  Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang
  teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
  bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.***

About marwanazis

selamat datang diblog pribadiku

3 responses »

  1. Arsyad Salam mengatakan:

    wah makasih banyak tipsnya mas… soalnya di tempat kami juga sering kehabisan bensin… pertamina payah..🙂

  2. Arsyad Salam mengatakan:

    ooooooo orang kendari juga pale ini.. salam knal ces🙂🙂

  3. idham mengatakan:

    pagi,mas…nice tips….membantu banget…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s