Dari daftar panjang kerusakan lingkungan yang diakibatkan manusia, konon pemanasan global adalah yang terparah. Tapi apakah betul manusia penyebabnya?

Menurut sebuah film dokumenter dari Inggris berjudul ’The Great Global Warming Swindle’ atau ’Penipuan Besar Pemanasan Global’mengatakan, anggapan bahwa manusia merupakan penyebab pemanasan global adalah sebuah kebohongan.

Film dokumenter yang dibuat pada tahun 2007 ini menampilkan wawancara dengan berbagai ilmuwan, politisi, dan aktivis lingkungan hidup dari bidang-bidang yang terkait dengan pemanasan global, lengkap dengan grafik dan animasi yang tak kalah menarik dengan ’Inconvenient Truth’ karya Al Gore.

Dokumenter ini mempertanyakan mengapa dunia sekarang mempeributkan kenaikan suhu bumi, karena sejak ribuan tahun lalu suhu bumi selalu naik-turun. Bahkan pada tahun 1970-an media massa ramai dengan berita bencana alam seperti sekarang – badai, banjir, gagal panen – tetapi dulu bencana-bencana tersebut diduga akibat global cooling karena waktu itu suhu bumi sedikit menurun.

Pendapat umum saat ini mengatakan bahwa suhu bumi naik akibat bertambahnya gas rumah kaca – terutama karbon dioksida – hasil aktivitas manusia. Namun menurut para narasumber dokumenter ini, pendapat tersebut salah. Mereka mengatakan bahwa memang ada hubungan antara naiknya suhu bumi dengan bertambahnya karbon dioksida, namun dengan hubungan sebab-akibat yang terbalik. Justru, karbon dioksida bertambah karena suhu bumi naik.

Kalau begitu, apa yang membuat suhu bumi naik? Jawab mereka: meningkatnya aktivitas matahari, sumber energi bumi. Pernyataan tersebut mereka perkuat dengan menampilkan data yang menunjukkan bahwa perubahan-perubahan aktivitas matahari dalam beberapa ratus tahun terakhir berbanding lurus dengan perubahan suhu bumi.

Film ini mengungkap sejarah bagaimana pemanasan global menjadi populer seperti sekarang. Dari Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher yang memerlukan justifikasi untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga nuklir; ilmuwan-ilmuwan yang berlomba memperoleh dana riset; runtuhnya tembok Berlin membuat pendukung  komunisme beralih menggunakan isu lingkungan hidup sebagai arena baru untuk menentang kapitalisme; para jurnalis yang harus membuat berita sensasional; dan besarnya peluang bisnis dan lapangan kerja yang tercipta dari pemanasan global.

Menurut para narasumber Global Warming Swindle, pemanasan global sekarang telah digunakan secara berlebihan sebagai legitimasi untuk banyak hal – baik maupun buruk. Salah satu yang buruk adalah mendorong negara berkembang untuk tidak menggunakan sumberdaya alam yang mereka miliki karena akan mengemisikan gas rumah kaca. Seorang aktivis lingkungan hidup dalam dokumenter ini menyayangkan mengapa Afrika yang memiliki minyak bumi dan batubara ditekan untuk menggunakan listrik dari tenaga matahari dan angin yang sangat mahal dan tidak handal.

Film dokumenter ini mendapat kritikan dan dinilai menampilkan data yang tidak benar oleh mereka yang berpendapat bahwa manusia yang menyebabkan pemanasan global. Sesuatu yang tidak mengejutkan, karena film dokumenter ini juga berpendapat serupa terhadap mereka yang mengkritiknya, termasuk terhadap Intergovernmental Panel on Climate Change, lembaga internasional yang dianggap sebagai narasumber utama dunia untuk pemanasan global. Bahkan dokumenter ini memuat protes seorang ilmuwan karena namanya dicantumkan sebagai penulis laporan IPCC padahal ia tidak setuju dengan isi laporan tersebut.

Tidak seperti film-film dokumenter lingkungan hidup lainnya, dokumenter ini tidak menampilkan pemandangan-pemandangan alam yang spektakuler ataupun binatang-binatang lucu, dokumenter ini juga tidak dinarasikan seorang bintang Hollywood. Yang ada di dalamnya adalah kisah tentang pemanasan global yang sama sekali berbeda dari yang biasa kita temui. Menontonnya akan membuat kita berpikir ulang apakah memang betul manusia penyebab pemanasan global. Toh, hingga saat inipun IPCC baru bisa mengatakan ’sangat mungkin’ manusia penyebabnya.

Informasi lebih lanjut mengenai The Great Global Warming Swindle bisa dilihat di
> www.greatglobalwarmingswindle.com
> www.imdb.com

About marwanazis

selamat datang diblog pribadiku

One response »

  1. sari mengatakan:

    nice post
    jangan lupa kunjungi ini yaaaaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s