To:
kahmi_pro_network@yahoogroups.com

Dear Bung Dwiki dan Jamaah Kahmi Pro

Betul sekali bung, bahwa mendokumentasikan arsip itu sangat bermanfaat dikemudian hari, untuk mengetahui jejak langkah kita mengarungi berbagai kondisi dan sangat mungkin bisa kita gunakan untuk membuat sebuah biografi. Kalau sya biasanya mendokumentasikan tulisan jurnalistik  saya yang diterbitkan berbagai media, posting blog, email, chating ama adiku Anas yang saat ini studi Al Azhar Mesir, teman-2 yang mengupas berbgai hal mulai dari hal personal hingga berbagai hal, tawaran kerja di  Green Press, pembuatan buku di KLH, LP3ES dll, foto jalan-jalan (ini yang paling banyak) dll .  Sebagain saya udah diinput ke blog ada yang terbuka untuk diakses dan tersimpan privat. Saya yakin suatu saat akan berguna. Sebagian juga masih tersimpan dalam laptop. www.marwanazis.wordpress.com, www.petualanganku.multiply.com.

Waktu di Kampus dulu saya termasuk paling aktif mendokumentasikan berbagai jenis surat enta itu SK pengurusan maupun surat undangan rapat dan berbagai kegiatan lainnya, saya senang dengan berbagai format surat yang dibuat berbagai lembaga misalnya format surat yang dikeluarkan HMI, senat mahasiswa, DPM yang sangat formal, namun berbeda dengan desain surat yang dikeluarkan WALHI (Wahana Lingkungan  Hidup Indonesia ) yang terkesan lebih santai namun elegan, kebetulan dulu di HMI Cabang Kendari dipercaya sebagai Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan HAM serta aktif sebagai anggota individu WALHI Sulawesi Tenggara. Dari sinilah saya bisa mengembangkan format surat ketika saya mengiinisiasi berbagai lembaga.

Namun hobby yang terakhir ini, agak susah untuk dipertahankan karena saya hidup pindah-pindah tempat dari Kendari-Jakarta, belum lagi pindah-pindah rumah. Semua arsip itu saya tinggalin di Kendari, termasuk tumpukan buku masih tersimpan di awalnya tersimpan di diberbagai tempat di rumah tanteku dan sebagian lagi di ktr Green Press (Perkumpulan Wartawan Lingkungan), lembaga saya dirikan bersama teman-2 jurnalis di Kendari yang senang dengan peliputan lingkungan).

Era sekarang, blog, email, dan situs jejaring sosial  seperti facebook menjadi pilihan yang tepat untuk mendokumentasikan berbagai hal yang kita lakukan yang mungkin akan menjadi memori indah di kemudian hari.

Salam

Marwan
Blog : http://www.marwanazis.wordpress.com,
http://www.petualanganku.multiply.com
Blog News : www.greenpressnetwork.blogspot.com
Facebook : Marwan Greenpress (wawan_epwkdi@yahoo.com)
Green Press (redaksigreenpress@gmail.com)

Posting dwiki setiyawan <dwiki.setiyawan@****.com> wrote:
Tentang Arsip-Mengarsip Dokumen Pribadi (2)
To: “kahmi_pro_network” <kahmi_pro_network@yahoogroups.com>
Date: Monday, March 16, 2009, 12:43 AM
Jamaah Kahmi Pro Network yang budiman.

Misi saya membuat postingan ini hanya untuk ingat-mengingatkan tentang
berharganya setiap dokumen yang kita arsipkan. Tidak ada kata
terlambat untuk memulai itu.

Di postingan pertama saya singgung beberapa jenis dokumen tertulis,
antara lain surat undangan pernikahan atau surat undangan sunatan.
Pembaca barangkali tersenyum atau bertanya-tanya seberapa penting
dokumen tertulis itu?

Itu tergantung pembaca menganggap penting atau tidaknya jenis dokumen
semacam itu. Di blog pribadi, saya bisa mencatat tanggal pernikahan
saudara Alfan Alfian dan mengucapkan selamat atas ulang tahun ke-10
pernikahannya, lantaran saya punya 1 arsip undangan pernikahannya.
Lihat http://dwikisetiyaw an.wordpress. com/2008/ 11/04/catatan- ulang-tahun- perkawinan- ke-10-alfan- alfian/

Undangan sunatan dari seorang anak teman barangkali juga tidak penting
buat pembaca. Bagi saya penting, karena bisa jadi suatu saat anak yang
disunat itu akan menjadi tokoh nasional. Dan saya bisa membuat memoar
tentang “satu peristiwa penting” dalam kehidupan si anak itu, yang
mungkin si anak atau keluarganya lupa persisnya acara ritual
sunatannya di masa lalu.

Jadi arsip yang kita miliki, kadangkala berfungsi sebagai “tanda
pengingat” bagi pribadi yang kita tulis. Entah dalam sms, sepucuk
surat/email pribadi, situs jejaring sosial, ditulis dalam blog atau
media penyampaian informasi lainnya. Ini bisa menjadi kejutan bagi
seseorang, sebagai bentuk perhatian yang tulus dan apa adanya….

DWIKI SETIYAWAN

About marwanazis

selamat datang diblog pribadiku

One response »

  1. Dwiki Setiyawan mengatakan:

    Saya kaget juga postingan iseng-iseng di milis, Bung Marwan komentari dan ulas. Menarik juga jadinya. Terima kasih atas perhatian Bung.

    Oya, setelah saya edit sana-sini, postingan pertama dan kedua juga saya posting ke blog personal.

    Wong namanya iseng, bila ada manfaatnya bagi pembaca di milis atau blog personal saya, ya itu bagian dari hikmah tersembunyi.

    Kadang-kadang kalau saya menulis postingan, tak pernah direncanakan dulu. Inspirasinya datang sekonyong-konyong. Begitulah….

Tinggalkan Balasan

