Ketgam : Ribuan warga Jakarta terlihat memadati pelataran Tugu Proklamsi yang dijadikan tempat pemutaran perdana film dokumenter lingkungan “ The Age Stupid” ((17/10). Foto : Berita Lingkungan/Marwan Azis.

Jakarta, BERLING-Pemutaran Perdana film “ The Age Stupid” (“Jaman Edan”), sebuah film doku-drama-animasi lingkungan yang bertempat di Tugu Proklamaksi Jakarta Pusat dihadiri ribuan penonton, sayangnya tak selesai ditonton karena Jakarta diguyur hujan.

Acara didesain dengan konsep rendah karbon dan dilakukan di tempat terbuka dengan gaya lancar tancap ini juga dimeriahkan acara Bazaar Hijau, pertunjukan musik, dan diskusi yang dikerjakan bersama ITDP (Institute for Transport and Development Policy) dan Green Radio mengawali pemutaran perdana film ini.

Pemutaran film “The Age Stupid” terselenggara berkat kerjasama Greenpeace, WWF Indonesia, Oxfam dan beberapa organisasi lainnya bergabung dalam Tiktoktiktok GCCA (Global Campaign on Climate Action).“Film ini sangat penting terutama bagi masyarakat di Asia Tenggara yang merupakan kelompok masyarakat yang paling rentan dan paling tidak siap menghadapi dampak perubahan iklim. Topan Onday (Ketsana) dan Pepenf (Parma) di Filipina awal bulan ini merupakan tanda pengingat adanya tragedi yang menanti, jika kita tidak mengambil langkah serius mengatasi perubahan iklim,” kata Davina, seorang model dan artis terkenal yang juga hadir dalam acara tersebut.

“The Age Stupid” yang disutradarai oleh Franny Armstrong (McLibel), dan diproduksi Lizze Gillet dan pemenang Piala Oscar John Basttsek (One Day In September). Film ini dibintangi oleh nominator Oscar Pete Postlethwaite yang memerani seorang tua yang hidup di masa kehancuran bumi 2055, yang menyaksikan arsip potong-potongan film dari 2008 dan mempertanyakan,”Mengapa kita tidak menghentikan perubahan iklim di saat kita masih memiliki kesempatan?”. Film ini digambarkan oleh berbagai media dan politisi sebagai sesuatu yang wajib ditonton bagi setiap orang yang peduli akan keberlanjutan planet bumi.

Sayangnya saat pemutaran film dokumenter lingkungan”The age of stupid” tengah berlangsung, tiba-tiba Jakarta diguyur hujan sehingga penonton dan panitia terpaksa membubarkan diri. (Marwan Azis).

Diterbitkan pada tanggal 18/10/2009 pukul 10:00 a.m. di www.beritalingkungan.com

About marwanazis

selamat datang diblog pribadiku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s