Jelang  tutup tahun, Google membuat Zeitgeist, sebuah film dokumenter yang  menayangkan kepingan peristiwa internasional yang terjadi selama tahun 2011 seperti revolusi social media yang dimulai dari Tunisia, Mesir, Libya yang melebar ke sejumlah negara di Timur Tengah.

Peristiwa penting lainnya yang tak lupuk dari pantuan google dan juga menjadi pusat sorotan warga bumi adalah pembunuhan Osama Bin Laden, kematian Steve Jobs, peluncuran program satelit, tsunami Jepang, banjir di Brazil, pernikahan Pangeran William dan Putri Kate, dan berbagai peristiwa politik, ekonomi, olahraga dan budaya termasuk terpecahnya Sudan  yang sudah menjadi 2 negara yaitu Sudan Selatan dan Sudan Utara.

Nampaknya pihak Google terinspirasi dari Sutradara kawakan Peter Joseph, yang pada tahun 2007 meliris sebuah film dokumenter yang disebut Zeitgeist.
Film ini membongkar konspirasi dibalik peristiwa peledakan gedung WTC dan Gedung Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon.  Film tersebut juga berisi mengenai beberapa asal usul Kekristenan (yang menurut film ini berasal dari agama lain dan fakta astrologis), teori mengenai Serangan 11 September 2001, dan klaim bahwa bankir internasional mengatur sistem keuangan internasional untuk mendirikan satu pemerintahan dunia yang dipimpin satu negara besar (new world order).

Film  yang disutradai Peter Joseph itu dirilis secara daring pada tanggal 18 Juni 2007 di zeitgeistmovie.com. Film itu berudasi 122 menit dengan mengunakan bahasa Inggris. Kini Google membuat hal serupa bahkan google membuat laman khusus http://googlezeitgeist.com dan film tersebut juga dishare ke Youtube.com sebagai kaledioskop tahun 2011.

Google menyebut tahun 2011  sebagai tahun revolusi (social media), tahun inspirasi, tahun kenangan, tahun kebangkitan sekaligus sebagai tahun kesulitan, dan kemungkinan.
Film dokumter Googlezeitgeist ditutup dengan ungkapan “We Made It (Kami yang membuat peristiwa itu)”  (Marwan Azis)

About marwanazis

selamat datang diblog pribadiku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s