Biografi Marwan Azis

Marwan atau Wan begitu ia biasa disapa. Setelah berhasil menyelesaikan studi di Jurusan Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo,  (1999-2006).  Marwan hijrah ke Jakarta kebetulan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memintanya sebagai editor buku Status Lingkungan Hidup Indonesia (SLHI) 2006 sembari membantu tugas staf ahli Menteri Lingkungan Hidup bidang ekonomi dan pengentasan kemiskinan, kala itu dijabat oleh Ibu Sri Hudyastuti.

Penganut vegetarian ini menamatkan pendidikan menengah di SMA Negeri 1 Bantaeng, Sulawesi Selatan (1996 – 1999), kemudian hijrah ke Kendari Sulawesi Tenggara.  Selama di kampus, ia banyak aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan seperti di Himpunan Mahasiswa Agronomi (HIMAGRO), di HIMAGRO sempat dipercaya sebagai Ketua Umum untuk periode 2002-2003. Selain itu, ia juga aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (Tabloid Podium),  Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Faperta Universitas Haluoleo. Di HMI Cabang Kendari dipercaya sebagai Ketua Bidang Advokasi HAM dan Lingkungan Hidup (2005). Saat periode pengurusanya di HMI Cab Kendari kegiatan lingkungan hidup HMI kembali menggeliat setelah sempat redup selama beberapa periode.

Kiprahnya dalam berbagai koloborasi isu lingkungan di Kendari, membuat Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sultra saat itu dijabat Ir La Ode Ota mengajak Marwan bergabung di WALHI sebagai anggota individu (2004).

Memasuki semester terakhir pendidikan S1 tepatnya tahun 2004, Marwan diterima bekerja sebagai wartawan di Harian Kendari Ekspres (Jaringan Jawa post Group). Tahun 2006 memilih keluar di koran tersebut karena alasan penyelesaian studi dan konsen ke Green Press, organisasi Perkumpulan Wartawan Lingkungan ia dirikan bersama sejumlah jurnalis yang care terhadap persoalan lingkungan. Di Green Press, Marwan dipercaya sebagai Sekjen. Ditingkat nasional Marwan juga aktif terlibat dalam pembentukan Society of Indonesian Environmental Journalist (SIEJ) di deklarasikan di Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara 22 April 2006.

Keluar dari koran Kendari Ekspres tak membuatnya berhenti dalam kegiatan tulis menulis. bahkan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ini menjadi koresponden dan contributor lepas di sejumlah media lokal  dan nasional seperti Jurnalcelebes.com, Kabarbaru.com, Majalah Flona (Kelompok Gramedia), Majalah Jendela (Yogjakarta), Tabloid AGRINA Jakarta, Majalah Greenners Bandung serta sempat di percaya menjadi Pimpinan Redaksi Tabloid Jejak Sulawesi (media lingkungan hidup) tahun 2006 yang diterbitkan Green Press.

Marwan juga pernah dipercaya sebagai Koordinator Regional Information Centre (RIC) Sulawesi, sebuah program pengawalan informasi lingkungan dan kehutanan yang berpusat di Alamsulawesi.net kerjasama Green Press dan Multistakeholder Forestry Programme-Departemen Internasional Development (MFP-DFID), RIC Sulawesi melibatkan jaringan jurnalis lingkungan se-Sulawesi sebagai kontributor (2005-2006).

Tak hanya itu Marwan juga aktif dalam penulisan dan penerbitan buku, buku berjudul “Pers dan Lingkungan Hidup” yang diterbitkan Green Press atas support MFP-DFID merupakan karya buku perdananya bersama jurnalis lingkungan yang tergabung dalam Green Press.

Tahun 2007, Marwan pindah ke Jakarta. Mula-mula bekerja di KLH, selain mengerjakan buku SLHI, Marwan juga menjadi tim penulis buku Bunga Rampai UNFCCC Bali, Buku Potret 30 tahun Kementerian Lingkungan Hidup.  Sempat menjadi kontributor The Brunei Times  . Tahun 2008, Marwan kembali menekuni dunia NGO, bekerja sebagai tim riset LP3ES Jakarta dan tim pengelola situs suarapublik.org.

Setelah menyelesaikan tugas penelitian konflik (LP3ES) di Papua, Marwan aktif  di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta. Karena Marwan cukup konsen di isu lingkungan,  Ketua AJI Jakarta mempercayakan Marwan sebagai pengelolaan situs Mediakonservasi.org, sebuah kanal berita yang konsen pada pemberitaan konservasi orangutan kerjasama AJI Jakarta, OSCP dan WCS tahun 2009.

Saat gempa mengguncang Sumatera Barat 2010, Marwan terlibat aktif sebagai pengelola media centre bencana Mediacenter.or.id di Padang kerjasama AJI Jakarta dan Yayasan Air Putih tahun 2010. Terakhir Marwan menjabat sebagai Kepala Unit Multimedia AJI Jakarta (2011).

Marwan juga sempat bekerja di situs jurnalparlemen.com.  Hobbynya ngeblog  yang mengantar Marwan bergabung di dunia telekomunikasi, XL Axiata,  sebagai editor conten blog Presiden Direktur XL, Hasnulsuhami.com. Marwan juga dipercaya mengurusi urusan dokumentasi foto dan social media XL, salah satu operator seluler terbesar di Indonesia (2010).

Saat ini Marwan bekerja sebagai jurnalis dan aktif pengurus SIEJ serta mengelola Portal Beritalingkungan.com dan Islamic Geographic yang disingkat Islamicgeo.com

Untuk liputan lingkungan dan perubahan iklim, Marwan beberapa kali mendapatkan penghargaan diantaranya: tahun 2011 menerima Fellowship Liputan Sistem Verifikasi dan Legalistas Kayu (SVLK) dari SIEJ-MFIP dan 2012 Fellowship Liputan Perubahan Iklim dan Krisis Pangan dari OXFAM-AJI Jakarta.

Sementara  untuk bidang blog lingkungan hidup, aktivitas Marwan beberapa kali direview oleh sejumlah media online  dan Majalah diantaranya direview oleh Maverickid bertepatan dengan pelaksanan konferensi perubahan iklim di Bali 2007 dan Majalah Kartika bertepatan dengan hari Bumi 2010. Bahkan blog Greenpressreport.com dipilih sebagai salah blog  objek penelitian tesis, salah seorang mahasiswi pasca sarjana Univeritas Gadjah Mada (UGM) berjudul”Internet dan Aktivis Lingkungan”.

Tahun 2010, Marwan terpilih sebagai Blogger Lingkungan terbaik sepuluh besar dalam lomba blog di acara Festival Film South to South (StoS) Jakarta.  Tahun ini, Blog Greenpressreport.com yang dikelola Marwan terpilih menjadi nominator Best Blog dari sekitar 3.200 website terdaftar dalam kompetisi blogging International The Best of Blogs (The BOBs) 2012 yang diselenggarakan oleh kantor berita Jerman, Deutsche Welle.

Kontak email : marwanazis@gmail.com HP :081808347729 Pin BB : 21DFA691. Facebook : Marwan Greenpress (inboxmarwan@yahoo.co.id).  Twitter silakan di Follow @MarwanAzis  Blog : GreenPress Blog

 “Sumber kekuatan baru bukanlah uang yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang, namun informasi di tangan orang banyak,”
-John Naisbitt”

31 responses »

  1. masbadar mengatakan:

    aslmkm…brother..
    thanks udah mampir di blog-ku, sudi mengomentari yg ini: http://masbadar.wordpress.com/2008/05/20/inspirasi-dari-nyimeng-hingga-dengerin-murottal/

  2. Marwan mengatakan:

    Walaikum.
    Sama-sama brother.

  3. iwanglenteng mengatakan:

    blog yang keren….. penuh sama informasi hijau dan masih seger, mudah-mudahan masih organik

    wassalam…

  4. ubadbmarko mengatakan:

    Salam kenal dari Parahyangan.

  5. ubai mengatakan:

    pakabar bang azis?

    masih ingat saya kah?

    waktu itu kita ketemu di IPB International Convention Centre, Bogor, akhir Desember 2007 lalu.

    semangat terus…

    salam lestari dan senyum tulus

  6. ubai mengatakan:

    sama-sama bang marwan…terus ingatkan saya.

  7. mahacalaunhalu mengatakan:

    he..he, saya coba lagi yah..

    salam marwan ganteng, sama2 alumni unhalu jangan sombong. btw apa masih di jakarta atau dah di kendari, kalau dilihat dari fotomu,perasaan kita pernah ketemu dijakarta yah, masih ingat yah waktu di otista..

    salam lestari

  8. Marwan mengatakan:

    Hallo kawan Mahacala, ya betul kita pernah ketemu di daerah Otista Kebon Nanas Jakarta Timur. Sekarang masih di Jakarta, udah kangen juga ama minuman sarabba-nya Teluk Kendari, yang paling enak dinikmati sambil menghabiskan waktu malam bersama teman-2 disana, yang biasa saya lakukan usai liputan bersama anak-anak AJI dan Green Press. Oh ya ente masih di Pondok Indah atau udah balik ke Kendari ya? apa nie kegiatan sekarang.

  9. mahacalaunhalu mengatakan:

    iya bos-ku, masih dijakarta. sekarang masih inisiasi kelompok di kendari. tepatnya di konawe utara. jadi saya sering pulang aja untuk monitoring kegiatan kantor.

    kapan2 koajar saya buat blog..oke teman thanks atas kunjungannya.

  10. bentang mengatakan:

    hallo bro, salam knal dari jawa…..

  11. alukluwalmarjan mengatakan:

    catatan berserakan yang berharga. suntingan yang pandai. aq ngga sempat buka semua. aq juga ngga terbiasa dengan kegiatan maya macem gini. gaptek. walau pun keseharian kerjaku sangat tergantung dan menuntut itu. jadi bagaimana aq bisa ketemu ya. apa mungkin perjalannku bisa sampai ke derahmu gus Wan?

    • marwanazis mengatakan:

      Makasih atas kunjungan dan apresiasinya.. Saya baru saja blog Gus Alukluwalmarjan, menarik.. Oke kapan-2 kalau ada kita kopi darat, sekarang domisili di Jakarta. Dengan senang hati, kalau Gus Alukluwalmarjan berkunjung ke Makassar atau Kendari…

  12. hadi muh. ihzan mengatakan:

    assalamu alaikum Wr.Wb.

    kanda,,, saya mohon dukungannya untuk melaksanakan amanah untuk menjalankan EPW kendari,,,

    mohon kritik, saran, dll. hal-hal urgen terkait dengan problem lingkungan.

    mohon doa dan dukungannya mudah-mudahan saya bisa menyelesaikan studi di Universitas Haluoleo, fakultas Teknik, jurusan Teknik Informatika, dan mohon masukan dari kakanda terkait dengan bidang informatika yang dianggap urgen kanda

    mudah-mudahan saya bisa kejakarta dan ketemu dengan kakanda kalau saya jadi melanjudkan Lk2 (intemediet training) HMI .

    salam lestrai n salam perjuangan

    wassalam

  13. marwanazis mengatakan:

    Wassalam Wr Wb.

    Ya Dinda, nanti kalau ke Jakarta kita diskusi ttg EPW dan pengembanganya. Jurusanmu menarik dan prospeknya bagus..

    Salam

  14. lambang mengatakan:

    pengalamannnya banyak.
    Salam kenal mas.
    semoga saya juga bisa berpetualang, mengabdi, dan bekerja.

  15. isil mengatakan:

    salam kenal mas marwan..
    terimakasih atas kunjungan…
    maaf ya baru bisa berkunjung ke sini.

  16. anca rewa-rewa mengatakan:

    bugis-makassar sama saja.
    saya senang baca artikel ttg sulawesi selatan.
    profinsi terbesar d indonesia timur.
    ,—–,—-.
    dan saya paling suka lagi klw berita ttg tim kebanggaan msyarakat sulsel
    PSM MAKASSAR.
    klw mmg anda suporter,bikinmaki blog ttg psm.
    nessami byak yang koment di artikelta cappo.|!

  17. nyamenna mengatakan:

    sulsel go green.

  18. khusnul khotimah mengatakan:

    Selamat ulang tahun SULAWESI SELATAN ku.
    saya sulsel
    saya bangga
    saya maju
    menuju VISIT SULSEL 2012.
    SEMOGA AKAN LAHIR PARA PEJABAT TINGGI ASAL SULSEL BERIKUTNYA.

  19. hmiyakusa mengatakan:

    salam yakusa dari hmi Bekasi

  20. hasyimhadi mengatakan:

    kalau saya butuh share dengan Marwan bagaimana caranya?. Thanks.

  21. hahn mengatakan:

    salam kenal rakanda😀
    wow anggota AJI.. keren

  22. gadingmas mengatakan:

    XL ini punya malaysia…masa dibangga-banggakan, TELKOMSEL donk….ini baru Nasionalisme…!

  23. ASRI mengatakan:

    salam selalu sahabatku

  24. […] Sutradara beserta crew film ini layak diacungi jempol #MakassarBisaTonji. Muhammad Taufiq–Marwan Azis | Youtube | […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s